Islamic Widget

Sabtu, 10 September 2011

Forum Indonesia Muda 11


Setelah sukses menyelenggarakan Leadership Lifekskill Training FIM untuk sepuluh angkatan. Tahun ini FIM kembali mengadakan pelatihan untuk angkatan ke-11. Pelatihan kali ini istimewa, selain karena pelatihan ini diadakan bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, FIM 11 juga akan menggunakan konsep pelatihan baru yang lain dari pelatihan-pelatihan FIM sebelumnya.
Tujuan
Tujuan pelaksanaan Leadership Lifeskill Training FIM 11 ialah sebagai berikut:
  1. Membangun dan menguatkan karakter kebangsaan
  2. Menghasilkan lulusan pelatihan yang memahami secara komprehensif tentang kepemimpinan pemuda
  3. Menghasilkan lulusan pelatihan yang memiliki kompetensi sebagai pemimpin yang mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat di sekitarnya
Peserta
Pelatihan ini ditujukan bagi pemuda dan atau mahasiswa seluruh Indonesia yang memiliki minat untuk mengembangkan kapasitas dirinya. Peserta akan diseleksi mengikuti prosedur yang ada untuk memenuhi kapasitas peserta FIM 11 sebanyak 120 orang. Kemudian peserta akan dikelompokkan ke dalam cluster, yaitu kelompok kecil dengan isu-isu yang ditetapkan panitia untuk pengembangan sesuai dengan minat dan aktivitas peserta.
Pelatihan Leadership Lifeskill Training FIM 11 terbuka bagi seluruh mahasiswa dan pemuda di Indonesia. Untuk pendaftaran, silakan baca persyaratan dan prosedur pendaftaran berikut.
Ketentuan Peserta
Untuk menjadi peserta pelatihan ini, pendaftar harus memenuhi kriteria sebagai berikut:
  1. Warga negara Indonesia
  2. Mampu menghadiri seluruh sesi pelatihan FIM dari awal sampai akhir sesuai jadwal yang ditetapkan
  3. Peduli terhadap lingkungan sekitar dan aktif melakukan perubahan melalui berbagai kegiatan dan komunitas/organisasi
Prosedur Pendaftaran
  1. Mengisi formulir pendaftaran secara online. Formulir pendaftaran dapat dilihat di bagian bawah halaman ini.
  2. Menyertakan surat rekomendasi dari organisasi yang sudah atau pernah diikuti. Latar belakang organisasi tidak dibatasi, dapat berupa organisasi mahasiswa, LSM, karang taruna, dsb. Surat rekomendasi dapat dikirimkan terpisah (tidak bersamaan) dengan pengiriman formulir pendaftaran.
  3. Mengirimkan foto profil terbaru. Pengiriman foto dapat dilakukan terpisah (tidak bersamaan) dengan pengiriman formulir pendaftaran.
Batas pengiriman seluruh berkas pendaftaran adalah 30 September 2011.
Formulir Pendaftaran
Isi formulir pendaftaran melalui formulir di tautan ini. Pastikan Anda punya waktu luang sekitar 30 menit untuk mengisi form. Tips: Untuk daerah dengan koneksi Internet terbatas atau tidak stabil, sebaiknya simpan form dalam file lokal dan buat draft jawaban di sebuah file teks secara offline. Buka kembali form online dan copy-paste jawaban ke tiap field yang sesuai baru kemudian dikirimkan.
Pengiriman surat rekomendasi
Kirimkan hasil scan dari surat rekomendasi Anda melalui tautan ini. Gunakan aturan penamaan file sebagai berikut: Rekomendasi-[nama lengkap]. Contoh: Rekomendasi-Ivan Ahda.pdf / Rekomendasi-Ivan Ahda.jpg.
Pengiriman foto profil
Kirimkan foto profil Anda melalui tautan ini. Gunakan aturan penamaan file sebagai berikut: Foto-[nama lengkap]. Contoh: Foto-Ivan Ahda.jpg

Metode pembelajaran
Pelatihan dirancang dengan menggunakan pendekatan pendidikan untuk orang dewasa (andragogy) dan mengedepankan proses experiential learning. Peserta diharapkan dapat proaktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran yang mencakup:
  • Pengajaran Interaktif
  • Diskusi kelas dan Dinamika kelompok, Field Action
  • Unjuk ekspresi seni dan Outbound
Tempat
Pelatihan akan dilaksanakan di Taman Wiladatika, Cibubur, Jakarta.
Biaya pelatihan
Peserta tidak akan dikenakan biaya apapun selama pelatihan. Peserta hanya akan menanggung biaya transportasi masing-masing untuk menuju lokasi pelatihan.
Timeline
Registrasi: 10 – 30 September 2011
Seleksi: 1 – 9 Oktober 2011
Pengumuman peserta terpilih: 10 Oktober 2011
Pelatihan: 20 – 28 Oktober 2011
Contact person
Ivan Ahda (+62 856 864 8641)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar