Islamic Widget

Selasa, 27 September 2011

Bizcamp Challenge Prasetiya Mulya Business School


BIZCAMP Challenge: Prasetiya Mulya for Indonesia Future Business Leaders merupakan suatu kegiatan kompetisi antar lulusan program S1 fresh graduate dan mahasiswa S1 tingkat akhir dari beberapa universitas ternama di Indonesia. Tujuannya adalah untuk mencari talenta baru calon pemimpin bisnis Indonesia masa depan yang memiliki karakter kuat. Pada kegiatan BIZCAMP ini, peserta akan diberikan tantangan merancang proposal bisnis yang inovatif serta proyek kegiatan sosial dan lingkungan. Prasetiya Mulya Business School akan memberikan pembekalan pengetahuan bisnis dan pelatihan keterampilan dengan melibatkan para professional bisnis untuk sesi sharing, guest lecture dan coaching. Diharapkan peserta memahami bahwa sebagai calon pemimpin bisnis masa depan, tidak hanya aspek keuntungan bisnis saja yang menjadi fokus, namun juga berpikir tentang aspek lingkungan dan dampak positif terhadap kehidupan masyarakat.

Tujuan diadakannya program BIZCAMP:
BIZCAMP Challenge bertujuan untuk mencari talenta baru pemimpin bisnis masa depan yang memiliki karakter sebagai berikut:
  • Memiliki jiwa dan sikap sebagai pemimpin (leadership), terutama sebagai pemimpin yang visioner (mempunyai visi jelas ke depan).
  • Memiliki kemampuan problem solving, yaitu mampu melakukan identifikasi dan memahami masalah yang sedang dihadapi, menghasilkan beberapa solusi alternatif, dan kemudian mengimplementasikan secara efektif untuk memecahkan permasalahan.
  • 'Berpikir secara Stratejik' (Strategic Thinking), mampu menemukan dan mengembangkan suatu peluang yang unik untuk menciptakan suatu nilai melalui kemampuan dialog yang bersifat provokatif dan kreatif di antara orang-orang yang ada di dalam organisasi yang mampu mempengaruhi terhadap arah organisasi.
  • 'Berpikir secara Terintegrasi' (Integrative Thinking), mampu menghadapi tekanan gagasan yang bertentangan secara konstruktif, menghasilkan resolusi yang kreatif dalam bentuk gagasan baru yang berisi elemen dari gagasan yang bertentangan ketimbang memilih salah satu dan mengorbankan yang lain.
  • Mampu memiliki pandangan tidak hanya dari satu aspek namun terdiri dari beberapa aspek yang sifatnya multi dan integratif (multi perspective thinking).
  • Memberi wadah bagi generasi muda untuk menuangkan dan memvisualisasikan pemikiran dan kreativitasnya dalam bentuk ide proposal bisnis yang inovatif.
Bentuk kegiatan program BIZCAMP:
  • Seleksi untuk mendapatkan 30 finalis terdiri atas rangkaian seleksi administratif dan tes potensi akademik, psikotes, diskusi kelompok, games, pembuatan proposal karya tulis dan presentasi serta wawancara. Seluruh proses menggunakan sistem gugur.
  • 30 finalis terpilih akan mengikuti proses karantina dan kompetisi BIZCAMP.
  • Pemenang akan mendapatkan kesempatan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di program MM Prasetiya Mulya.
Syarat Kandidat Bizcamp
Persyaratan untuk mengikuti kompetisi BIZCAMP adalah:
  • Peserta adalah mahasiswa S1 sederajat (minimal semester 7 atau maksimal 2 tahun kelulusan).
  • Belum pernah dan/atau tidak sedang menjalani pendidikan S2.
  • Memiliki minat terhadap bidang bisnis, ekonomi, marketing atau akuntansi.
  • Memiliki prestasi yang baik di universitas.
  • Aktif dalam kegiatan organisasi, ekstra kurikuler dan kepanitiaan di sekolah maupun di luar sekolah.
  • Memiliki prestasi atau bakat lain diluar kemampuan akademis.
  • Lulus seluruh proses seleksi.
  • Bersedia mengikuti proses produksi sesuai waktu yang ditetapkan.
Program/Aktifitas Bizcamp
Jadual
Waktu persiapan acara mulai dari awal sampai akhir kegiatan ini akan disusun dalam skema sebagai berikut:
  • Pre-event
1.     Roadshow ke lima kota besar yang ada di Pulau Jawa
Kota-kota yang akan dikunjungi adalah:
a.     Bandung : 8-9 September 2011
b.     Semarang : 13 September 2011
c.     Surabaya : 21-23 September 2011
d.     JABODETABEK area: 27-28 September 2011
2.     Pendaftaran Online
Untuk pendaftaran, selain dilakukan saat kunjungan kampus, juga dilakukan secara online dengan cara mengakses websitehttp://www.pmbs.ac.id/bizcamp dan akan ditutup pada 2 Oktober 2011 pukul 23.00 WIB.
3.     Tahap I Seleksi Test (Tes Tertulis)
Tes tahap seleksi I (jabodetabek area) akan diadakan di kampus PMB Cilandak, Jakarta, pada Sabtu, 08 Oktober 2011. Untuk Tahap ini, calon peserta yang tinggal di luar Jakarta dan memenuhi persyaratan kualifikasi (minimal 30 peserta) maka akan ada kemungkinan bahwa tes akan diselenggarakan di daerah tersebut. Jadwal tes adalah antara 15-22 Oktober 2011.
4.     Tahap II Seleksi Test (Group discusion + Wawancara)
Tahap II Seleksi (daerah jabodetabek) akan diselenggarakan pada Senin, Oktober 10, 2011 di kampus PMB Cilandak, Jakarta Selatan. para calon peserta yang tinggal di luar Jakarta dan lulus tes tahap I, tahap II tes akan diselenggarakan di daerah tersebut. Jadwal tes adalah antara 15-22 Oktober 2011.
5.     Pengumuman 30 peserta yang diterima untuk bergabung BIZCAMP: 5 November 2011.
  • Event
BIZCAMP ini akan diselenggarakan selama lima hari, November 14-18, 2011 di kampus PMBS Cilandak, Jakarta Selatan.
Aktivitas
Kegiatan BIZCAMP dirancang dalam bentuk konsep "Mini MM Learning Program" dan dikemas dengan metode:
  • Kunjungan ke Perusahaan-perusahaan.
  • Market Research.
  • Pelatihan tentang pengetahuan dasar bisnis/manajemen dan fungsi-fungsi manajemen (Pemasaran, Operasional, Sumber Daya Manusia, Keuangan), pengetahuan tentang lingkungan dan teknologi, social venture, manajemen stratejik. Selain itu akan diberikan pelatihan dalam hal teknik presentasi, kepemimpinan & kerja sama tim.
  • Dinamika kelompok yang dikemas dalam permainan, antara lain "BizRace" dan Talent Show.
  • Pembuatan Proposal Bisnis dan presentasi di depan praktisi perwakilan perusahaan dan pengajar Prasetiya Mulya Business School.

Sekretariat BIZCAMP
Prasetiya Mulya Business School (Kampus Cilandak)
Jl. R.A. Kartini, Cilandak Barat
Jakarta Selatan 12430
Telp.: (021) 751 1126, (021) 765 7257, (021) 750 0463 ext. 1006, 1119
Fax.: (021) 751 1128, (021) 750 0462
Email: bizcamp@pmbs.ac.id (Subject: Bizcamp Competition)

Contact Person:
Sdr. Christian (ext.: 1007)
Sdri. Eva (ext.: 1006)
Sdr. Doni (ext.: 1004)
Sdri. Rini (ext.: 1005)
More info : http://www.pmbs.ac.id/bizcamp/

Nb. untuk yang belum lulus dapat mengisi kolom tersebut dengan tahun sekarang dan untuk semester dapat diisi di kolom jurusan contoh: teknik geologi/semester7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar