Islamic Widget

Minggu, 05 Juni 2011

4th ECCENTS



LATAR BELAKANG

Segala puji syukur senantiasa kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat tiada tara berupa kesehatan dan kesempatan sehingga kami selaku pengurus Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga periode 2011 di kesempatan untuk memperingati Dies Natalies yang ke-50 dan melaksanakan program kerja kami, yaitu “4th Economics Events 2011”. Acara ini terdiri dari Seminar Nasional, Research Competition tingkat Mahasiswa se-Indonesia dan Company Visit.

Dalam kegiatan ini, kami mengangkat tema “KEMANDIRIAN ENERGI BAGI PEREKONOMIAN NASIONAL”. Acara ini didorong oleh panggilan kita sebagai akademisi untuk berkontribusi menemukan solusi nyata dalam mewujudkan kemandirian energi di Indonesia.

Saat ini energi menjadi pembahasan yang selalu menjadi sorotan media, contohnya saja perhatian dunia yang saat ini tertuju pada perkembangan di Timur Tengah. Terlebih lagi Libya, negara yang saat ini menjadi titik api perhatian dunia tersebut secara bersamaan merupakan produsen minyak yang sangat penting, terutama bagi pasar di Eropa. Itulah sebabnya bisa dimaklumi bahwa apa yang terjadi di kawasan tersebut akhirnya menjadi salah satu faktor penting penentu harga minyak global.

Di sisi lain, permintaan energi (minyak dunia atau bahan bakar fosil yang lain) meningkat karena negara-negara berkembang lainnya, terutama China dan India yang tetap berada pada jalur pertumbuhan ekonomi cepat dan terjadinya krisis nuklir di Jepang. Karena itu, harga minyak atau bahan bakar fosil diprediksi masih menguat di waktu mendatang, sambil menunggu krisis Timur Tengah mereda.

Kendati demikian, peristiwa di Timur Tengah tersebut sebetulnya sekadar pengingat (reminder) bahwa batas waktu pemanfaatan minyak bumi atau sumberdaya yang berasal dari fosil rasanya sudah mulai semakin dekat. Selain solusi jangka pendek, Pemerintah Indonesia juga harus serius menyiapkan diri bagi diversifikasi lebih lanjut penggunaan energi bagi pembangunan.

Ketergantungan manusia kepada listrik dari masa ke masa juga semakin meningkat. Sementara, pembangkit listrik yang mayoritas dibangun di semua negara berbahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, dan gas alam) yang notabene sumberdaya yang terbatas. Dalam hal ini, input energi listrik Indonesia lebih mengutamakan import dimana akan mendukung “Reseach and Development” negara maju, padahal di satu sisi Indonesia memiliki potensi energi yang besar seperti Hydroenergi, Biogas dan Geothermal yang bilamana kita melakukan riset sendiri dengan dana yang ada, kita bisa mendapatkan energi kita sendiri.

Sebagai negara berkembang yang banyak bergantung pada potensi sumber daya alam dan membutuhkan listrik untuk mendukung pembangunan, Indonesia harus menjaga kebutuhan dan memanfaatkan se-efisien mungkin dari ekstraksi alamnya agar tetap dapat melanjutkan upaya memenuhi kebutuhan penduduk dan industri yang semakin besar setiap tahun, termasuk dari sisi energi.

Pemberian subsidi energi contohnya untuk tarif dasar listrik dan BBM juga harus ditinjau kembali mengingat pemberian subsidi ke masyarakat yang tidak tepat sasaran. Indonesia harus bisa mewujudkan kemandirian di bidang energi, paling tidak ada suatu sistem ketahanan energi / efisiensi yang direkomendasikan oleh pemerintah sehingga bisa memberikan dampak positf bagi perekonomian nasional terutama di bidang investasi.

Dari pemikiran ini, kami berharap agar kegiatan ini dapat menyimpulkan dan membuat suatu keputusan bersama-sama sehingga hasil tersebut dapat menjadi pertimbangan dan tolok ukur dalam menentukan keputusan dan kebijakan yang dibuat pemerintah, dan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi khalayak umum. Hasil keputusan ini adalah sebagai tanggung jawab moral dari kami serta para peserta “4th Economics Events 2011” terhadap kemajuan bangsa dan negara.

Call for Paper
I.        KOMPETISI
Kompetisi akan dibagi dalam dua sesi, sesi yang pertama adalah babak eliminasi dan sesi kedua adalah babak “meet the judicators”.  Peserta yang lolos pada babak pertama, akan menjadi peserta 4th ECCENTS dan berhak mengikuti rangkaian kegiatan yang ada di 4th ECCENTS.

 1 Babak Eliminasi
Setiap tim  terdiri dari 2 orang dan 1 karya tulis ilmiah. Karya tulis diserahkan paling lambat   pada tanggal 24 Juni 2011 ( cap pos ) atau melalui e-mail. Tema karya tulis ini berjudul “Kemandirian Energi bagi Perekonomian Nasional”.

Dalam babak ini, panitia memberikan opsi subtema yang dapat diangkat sebagai bahan penulisan bagi peserta :
-       Relevansi Kebijakan Subsidi dalam Pemenuhan Kebutuhan Energi Nasional.
-       Energi Alternatif dan Terbarukan sebagai Diversivikasi Energi untuk Ketahanan
Energi.
-       Dampak Ekspor Komoditi Energi Terhadap perekonomian Nasional.
-       Pengendalian Konsumsi Energi melalui Kebijakan Fiskal Daerah.
-       Dampak SDA dan Lingkungan dari Program Percepatan Pembangunan Pembangkit  
Listrik 10.000 MW.

Dari karya tulis yang terkumpul akan diambil 15 karya tulis terbaik berdasarkan tema yang diambil dan ide serta kreatifitas dalam menelusuri permasalahan perekonomian yang akan dinilai melalui mekanisme penilaian tim juri. Tim juri berasal dari para dosen dan perwakilan lembaga riset yang berjumlah 4 orang.

2 Meet the Judicators
Babak selanjutnya adalah meet “the judicators”. Pada babak ini, peserta akan memasuki 4 ruangan yang di masing masing ruangan berisi 1 (satu) orang juri yang berkompeten di     bidangnya. Setiap juri, memiliki pertanyan yang harus dijawab oleh masing – masing masing peserta. Pertanyaan pertanyan tersebut meliputi  ;

-          Ruang pertama :
1.      Alasan peserta mengangkat subtema yang telah disipakan oleh panitia .
2.      Latar belakang masalah yang tertuang pada essai yang ditulis.
3.      Penggunaan Referensi,study kasus,pengumpulan materi dan kendala dalam
penulisan essai.
-          Ruang kedua :
1.      Pemaparan isi essai
2.      Penggunaan teori dalam penulisan essai

-       Ruang ketiga :
1.      Jawaban atas permasalah dari subtema yang diangkat.
2.      Solusi kongkret pemanfaatan Sumber Daya Alam demi meningkatkan
perekonomian nasional.
3.      Rasionalisasi pengaplikasian solusi yang diusulkan, ditinjau dari Sumber Daya  
Manusia,Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Energi di Indonesia.

-  Ruang keempat :
1. Peserta dituntut untuk mampu mempresentasikan dan mencari solusi terbaik dari       permasalahan yang diberikan oleh dewan juri.
2. Criteria penilaian di babak ini adalah :
1.      Kemampuan peserta mempresentasikan essai                                  20 point
2.      Kemampuan peserta untuk menyampaikan pendapat                        25 point
3.      Kempuan peserta untuk menerima kritik dan saran                          25 point
4.      Kemampuan peserta untuk memberikan solusi                                  30 point
       Bobot penilaian adalah sebagai berikut :
-          20 % dari isi essai
-          80 % dari meet the judicators

Day/Date         : Selasa , 13 Juli 2011
Time                : 08:00 am – 02:00 pm
Venue              : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Airlangga
Dresscode       : Formal

The Adjudicators:
1. Denny Kusumawardani
2. Bambang Eko Afiatno SE M.Si
3. Syariffudin Mahmudsyah ( Pakar Elektro )
4. Pri Agung Rakhmanto ( Direktur Reforminer Institute)

II.   KEGIATAN PENDAMPING

Opening Ceremony
Opening ceremony adalah kegiatan pembuka dari serangkaian kegiatan 4th ECCENTS. Kegiatan ini bersifat formal dan wajib di ikuti oleh seluruh peserta LKTI. Opening ceremony akan dilaksanakan sesaat sebelum kegiatan dialog interaktif dimulai.
Tempat            : Aula Fadjar Natanegoro Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
                             Airlangga
Hari / Tanggal : Selasa / 12 Juli 2011
Pukul               : 08.00am – 09.00am
Dress code      : Formal

Warming Up Party
Warming up party adalah kegiatan informal yang di dedikasikan bagi peserta dan panitia. Kegiatan ini bertujuan untuk membuat suasana akrab ,menyenangkan dan kekeluargaan antar peserta dan panitia. Dalam kegiatan ini, semua peserta kegiatan akan dibagi beberapa team dan akan mengerjakan games games yang telah disiapkan oleh panitia.
Tempat            : Penginapan
Hari / Tanggal : Selasa / 12 juli 2011
Pukul               : 15.30 – 21.00
Dress code      : Free

Company Visit and Field trip
Company Visit and Field trip adalah sebuah kegiatan “bonus” bagi peserta research competition yang lolos pada babak pertama. Panitia akan mengajak peserta mengunjungi beberapa korporasi yang memberikan pengaruh besar di Indonesia dan berada di wilayah jawa timur.  Kegiatan ini bertujuan untuk mengakrabkan mahasiswa dengan dunia bisnis. Diharapkan, setelah kegiatan ini, setiap peserta memiliki gambaran umum tentang dunia bisnis dan korporasi yang ada di wilayah jawa timur.
Hari / Tanggal : Kamis / 14 juli 2011
Pukul               : 08.00 – 12.00
Dress code      : Semi-formal

Student Action
Student Action merupakan kegiatan dari mahasiswa untuk Negara. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat seputar permasalahn energi yang telah dibahas dalam rangkaian 4th ECCENTS 2011. Dalam kegiatan ini,diharapkan para peserta mampu mengaplikasikan ide , olah pikir dan kemampuan menyebarkan ilmu pengetahuan kepada khalayak ramai
Tempat            : Persimpangan tugu pahlawan
Hari / Tanggal : Kamis / 14 Juli 2011
Pukul               : 09.00 – 10.00
Dress code      : Semi-formal

GALA DINNER
GALA DINNER merupakan event penutup dari rangkaian kegiatan 4th ECCENTS 2011 ,kegiatan ini bersifat informal. Dalam kegiatan ini akan di umumkan pemenang lomba research competition.
Hari / Tanggal : Rabu / 13 Juli 2011
Pukul               : 19.30 – 22.00
Dress code      : Formal

III. Akomodasi dan transportasi
Panitia 4th ECCENTS menyediakan paket akomodasi bagi peserta Call for Paper yang lolos pada babak pertama ( babak eliminasi ) dengan ketentuan sebagai berikut :
1.  Penginapan selama  lima hari mulai tanggal 11 juli 2011 pukul 10.00 WIB hingga
     tanggal 14 juli 2011 pukul 12.00 WIB. Panitia tidak menyiapkan akomodasi diluar dari
     tanggal dan jam yang telah ditetapkan.
2. Panitia menyediakan konsumsi bagi seluruh peserta Call for Paper selama mengikuti
     serangkaian kegiatan 4th ECCENTS. Dalam sehari peserta akan mendapatkan 3 ( tiga )
     kali makan ( makan pagi,makan siang dan makan malam ) di tambah dengan snack
    dan coffee break disela sela makan
3. Seluruh biaya penginapan dan konsumsi termasuk dalam biaya registrasi yang telah
    ditetapkam Panitia 4th ECCENTS menyediakan transportasi bagi peserta Call for Paper  
    meliputi :    
1.  Penjemputan delegasi di Bandar Udara Juanda Surabaya , Terminal Bungurasih
     Surabaya ,Stasiun Kereta api Pasar Turi ,Stasiun Kereta Api Gubeng dan Pelabuhan
     Tanjung priuk Surabaya
2.  Memberikan pelayanan Transportasi keseluruh tempat kegiatan 4th ECCENT  sesuai dengan agenda yang ditetapkan oleh panitia
3.  Mengantarkan delegasi ke  Bandar Udara Juanda Surabaya , Terminal Bungurasih Surabaya, Stasiun Kereta api Pasar Turi ,Stasiun Kereta Api Gubeng dan Pelabuhan Tanjung priuk Surabaya pada hari terakhir kegiatan

Bagi kenyamanan bersama,peserta diharapkan melakukan konfirmasi kepada panitia seminggu sebelum kedatangan. Panitia tidak menyiapkan transportasi berupa tiket pesawat ,tiket bus ,tiket travel,tiket kereta api maupun segala bentuk transportasi lainnya mulai kedatangan hingga kembali ketempat tujuan masing masing . panitia tidak memberikan pelayan transportasi diluar dari 3 ketentuan diatas.

Peserta dipersilahkan menghubungi panitia bila membutuhkan informasi tentang transportasi maupun akomodasi selama mengikuti rangkaian kegiatan 4th ECCENTS.

IV.   Ketentuan Peserta
VI.I. Lomba CALL FOR PAPER :
1.   Peserta Kompetisi Lomba karya tulis (4th ECCENTS 2011) ini adalah mahasiswa
      aktif Diploma maupun Strata 1 dari seluruh perguruan tinggi negeri maupun
      swasta di Indonesia.
-     Peserta adalah tim yang beranggotakan 2 (dua) orang berasal dari
      departemen yang sama/ berbeda namun masih dalam satu fakultas dan satu
      perguruan tinggi.
-    Tiap peserta membuat karya tulis sesuai dengan tema yang telah ditentukan  
      dan harus sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan panitia.
-    Karya tulis yang dibuat merupakan karya sendiri ( orisinalitas ) dan harus
      belum pernah dikompetisikan dan belum pernah dipublikasikan dalam
      bentuk apapun.
2.  Materi karya tulis berhubungan dengan tema “KEMANDIRIAN ENERGI BAGI PEREKONOMIAN INDONESIA” dengan memilih salah satu sub tema berikut ini ;
1.   Relevansi Kebijakan Subsidi dalam Pemenuhan Kebutuhan Energi  
      Nasional
2.  Energi Alternatif dan Terbarukan sebagai Diversivikasi Energi untuk
      Ketahanan  Energi
3.   Dampak Ekspor Komoditi Energi Terhadap perekonomian Nasional
4.   Pengendalian Konsumsi Energi melalui Kebijakan Fiskal Daerah
5.   Dampak SDA dan Lingkungan dari Program Percepatan Pembangunan
       Pembangkit Listrik 10.000 MW
3.  Jumlah halaman penulisan 25-30 halaman dengan menggunakan kertas A4 80 gr.Diketik 2 spasi, huruf Times New Roman ukuran 12. Batas samping kiri 4 cm, samping kanan 3 cm, batas atas dan batas bawah 3 cm. Kutipan langsung ditulis satu spasi dengan tanda petik dan dicantumkan sumbernya di akhir karya tulis ilmiah. Tulisan disimpan dalam format Microsoft Word. Setiap persamaan matematika dan symbol harap ditulis dengan mempergunakan format Microsoft Equation.
4.  Rujukan dibuat dalam Parenthetical Reference.
      Contoh: (lihat bagian yang di highlight)
       …Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2004 diperkirakan sebesar
       4,2-4,7 persen (Bank Indonesia, 2004).
       .Dalam model ekonometrinya, Cox dan Japelli menggunakan variabel boneka- 
       laten
      yang hanya dapat terobservasi jika permintaan kredit konsumsi adalah positif dan rumah tangga tidak memiliki kendala kredit (Cox dan Japelli, 1993, hal.201).
5.   Karya tulis dijilid, dibuat rangkap 4 (empat) dan 1 (satu) soft copy dalam bentuk
      CD.
6.  Pengiriman karya tulis dapat dilakukan melalui:
• Pos atau dikirim langsung ke alamat:
  (Bagian pojok kiri atas amplop diberi tulisan “Call for Paper 4th  ECCENTS   
   2011”)
    dengan alamat:
   4th ECCENTS 2011 – Sekretariat HIMA EP
   Graha Krida Mahasiswa lt. 2
   Fakultas Ekonomi dan bisnis Universitas Airlangga Kampus B surabaya
  Jalan Airlangga4 – 6 surabaya , 60286
• E-mail ke : eccents_4th@yahoo.com
7.   Periode penulisan dan pengumuman:
• Pengiriman full paper paling lambat pada tanggal 24 Juni 2011 (cap pos).
• Penilaian karya tulis dilakukan tanggal 26 – 28 Juni 2011
• Pengumuman finalis dilakukan tanggal 29 – 30 Juni 2011 melalui kontak person
   yang tercantum di biodata masing-masing peserta dan website Fakultas
   Ekonomi dan  Bisnis Universitas Airlangga (www.feb.ua.ac.id)
• Finalis yang terpilih akan mengikuti rangkaian kegiatan 4th ECCENTS di surabaya
   dan sekitarnya yang dimulai pada senin 11 Juli 2011
• Pemenang Research Competition akan diumumkan panitia pada tanggal 13 Juli
   2011 secara langsung. 
• Penyerahan hadiah dilakukan oleh Dekan Fakultas Ekonomi pada tanggal 13
   Juli 2011
8.     Sistematika Penulisan
Penulisan Karya Tulis sesuai dengan kaidah penulisan karya tulis ilmiah yang berisi:
1. Bagian Awal, terdiri dari:
     a. Halaman Judul
     b. Kata Pengantar
     c. Lembar Pengesahan (jika diperlukan)
     d. Daftar isi, Daftar Gambar dan Daftar Tabel
     e. Abstraksi
2. Bagian inti, terdiri dari:
     a. Latar Belakang
     b. Landasan Teori
     c. Metode Penelitian
     d. Analisis dan Pembahasan
     e. Kesimpulan dan Saran
     f. Daftar Pustaka
3. Bagian akhir, terdiri dari:
     a. Lampiran (jika diperlukan)
     b. Daftar Riwayat Hidup Penulis (Biodata, Curriculum Vitae) yang wajib
         disertai dengan alamat lengkap, alamat email, nomor telepon yang bisa
         dihubungi dan 2 (dua) lembar fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa.
9.     Ketentuan Teknis
1. Kompetisi (Terlampir)
2. Fasilitas
      a. Panitia menyediakan akomodasi, transportasi dan konsumsi hanya pada
           saat kegiatan berlangsung.( terlampir )
      b. Panitia menyediakan peralatan pada saat presentasi, antara lain: laptop,
           LCD dan mic wireless.
      c. Keterangan lebih lanjut akan dijelaskan oleh panitia saat mengumumkan
          finalis atau akan dihubungi oleh Contact Person.
10.   Hadiah
Juara I:
Trophy + Sertifikat + Uang Tunai sebesar Rp 4.000.000,-
Juara II:
Trophy + Sertifikat + Uang Tunai sebesar Rp 2.500.000,-
Juara III:
Trophy + Sertifikat + Uang Tunai sebesar Rp 1.500.000,-
Peringkat 4 sampai Peringkat 15: Plakat + Sertifikat
11.   Penilaian
1. Proses penilaian dilakukan oleh tim juri yang berasal dari akademisi dan praktisi,
    yang akan ditentukan oleh Panitia 4th ECCENTS 2011
2.Hasil keputuan juri tidak dapat diganggu gugat    
12.   PROSEDUR PENDAFTARAN
-     Pendaftaran dibuka mulai 16 Mei 2011 dengan cara:
-   Mengisi formulir pendaftaran yang dapat di-download melalui blog resmi
     4th ECCENTS  2011
-     Pendaftaran ditutup pada 24 Juni 2011.
-     Karya Tulis beserta kelengkapan lainnya* dikirim secara kolektif oleh
 masing-masing peserta selambat-lambatnya 24 Juni 2011 cap pos atau  melalui email resmi 4th ECCENTS dengan waktu pengiriman paling  lambat  pada tanggal 24 Juni 2011 pukul 23.59 WIB

                 ALAMAT :
4th ECCENTS 2011 – Sekretariat HIMA EP
Graha Krida Mahasiswa lt. 2
Fakultas Ekonomi dan bisnis Universitas Airlangga Kampus B surabaya
Jalan Airlangga 4 – 6 Surabaya ,60286
Weblog : 4theccents.blogspot.com

*Berkas yang dikirim meliputi:
1.       Formulir Pendaftaran 4th ECCENTS yang dapat di download di blog resmi 4th ECCENTS yang telah diisi data diri peserta, beserta pas foto berwarna terbaru ukuran 3x4cm sebanyak 1 lembar
2.       Karya tulis dalam bentuk hardcopy sebanyak 4 eksemplar;
3.       Karya tulis dalam bentuk softcopy berupa CD (Compact Disc) sebanyak 1  keping;
4.       Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sebanyak @ 2 lembar;
5.       Surat kuasa dari departemen atau fakultas asal peserta                    
6.       Fotocopy bukti setor biaya pendaftaran sebanyak 2 lembar;(bagi yang lolos babak eliminasi)

Konfirmasi bagi tim yang lolos babak seleksi,paling lambat pada seminggu sebelum kegiatan dimulai yaitu tanggal 4 juli 2011.
13.   Prosedur pembayaran bagi peserta yang lolos babak pertama
1.  Kontribusi peserta hanya menyangkut akomodasi, konsumsi dan transportasi  
     selama  kegiatan. Biaya kedatangan menuju dan pulang dari Surabaya bukan  
     menjadi tanggung jawab panitia.
2.   Setiap perguruan tinggi dapat diwakili oleh lebih dari satu tim
                                ketentuan kontribusi sebagai berikut: ( untuk I orang )
Konsumsi         8          x @ Rp 10.000,-        Rp 80.000,-
                           1       x @ Rp 50.000,-            Rp   50.000,-
Penginapan                                                        Rp 120.000,-
Transportasi                                                       Rp   50.000,-
Tiket Dialog nasional              Free                             -         
                                                                                         +
Total                                                                Rp 300.000,-

Nb : 1 ( satu ) tim terdiri dari 2 orang      (2   x @ Rp 300.000 = Rp 600.000,-)


Pembayaran kontribusi peserta delegasi via transfer:

Bank BCA Kantor cabang Pondok Tjandra Indah
a.n.  Dimas Pradhana Maha Dewa
no. rekening
2160620342
Bank Mandiri Kantor Kas Universitas Airlangga Surabaya
a.n. Pradiska Lidya Permata
no. rekening 141 – 00 – 1081816 – 9

Konfirmasi dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi contact person:
Pradiska Lidya Permata ( 085646727994)
Project Officer  : Faried Dwi Desianto (08563174137)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar