Islamic Widget

Sabtu, 28 Mei 2011

E-idea 2011


Apakah yang dimaksud dengan E-idea?

Apakah Anda peduli dengan lingkungan hidup? Apakah Anda punya gagasan atau tengah melangsungkan proyek yang memberikan kontribusi nyata dan praktis bagi masa depan lingkungan hidup Indonesia? Jika demikian, proyek E-idea yang dikelola oleh British Council dan LRQA bisa membuat perubahan besar pada masa depan Anda.
E-idea adalah kompetisi inovatif yang menyatukan dana, dukungan serta para mentor muda pengusaha-pemerhati lingkungan dari 7 negara Asia Pasifik. Di masing-masing Negara, kompetisi ini akan mengidentifikasi inisiatif – baik gagasan-gagasan baru (pemula) atau pengembangan dari proyek yang sudah ada (lanjutan) – yang bisa memberikan kontribusi bagi masa depan lingkungan hidup di tingkat regional dengan fokus pada tantangan keberlanjutan yang nyata dalam keseharian.
Dengan menggandeng British Council dan LRQA, E-Idea akan melibatkan, memberdayakan dan mendorong para pemenang kompetisi untuk mewujudkan gagasan-gagasan mereka.
Para pengusaha-pemerhati lingkungan hidup terpilih ini akan menerima dana, dukungan dari para pakar terkait hal-hal teknis, bisnis, pemasaran serta dukungan jejaring untuk mengimplementasikan proyek-proyek mereka. British Council dan LRQA meluncurkan dan menjalankan
E-idea di Australia, Cina, Indonesia, Japan, Korea, Thailand dan Vietnam sepanjang tahun 2011-12.

Siapa yang dapat ikut serta?

Kami mencari para inovator, berusia antara 18-35 tahun, yang memiliki kesadaran lingkungan hidup dan ide-ide kreatif yang bisa menjawab tantangan-tantangan keberlanjutan terbesar yang ada di komunitas mereka seraya memberikan dampak positif pada bagaimana kita hidup maupun bekerja. The British Council dan LRQA mencari para inovator yang memiliki gagasan awal (“pemula”) atau melangsungkan proyek yang ingin dikembangkan lebih lanjut (“lanjutan”) yang menjawab isu-isu keberlanjutan dan perubahan iklim di komunitas mereka.
Kesempatan ini terbuka untuk warga Negara Indonesia. Para pemohon adalah:
  • Individu
  • Individu yang mewakil tim yang ditunjuk oleh kelompoknya untuk mewakili. Contohnya, para pemohon dan proyek-proyek yang diajukan terkait dengan kelompok atau organisasi non pemerintah
  • Tidak sedang mengajukan atau mendapatkan pendanaan dari pihak lain untuk kegiatan/proyek yang sama yang diajukan di kompetisi E-Idea.
  • Untuk aplikan kategori lanjutan (step up) proyek yang di kompetisikan sedang atau telah dijalankan lebih dari satu tahun
Para pemohon bisa datang dari berbagai sektor tetapi harus memiliki rekam jejak dalam kemampuan memimpin dan mengelola proyek. Pengalaman menjalankan aktivitas-aktivitas terkait di bidang perubahan iklim dan keberlanjutan tidak terlalu di utamakan, tapi hal tersebut akan menjadi pertimbangan khusus dari juri. Mereka yang berhasil harus bersiap untuk berpartisipasi secara lebih luas dalam program dan aktivitas yang terkait dengan perubahan iklim dan keberlanjutan yang diselenggarakan oleh E-idea dan British Council.


Cara Mengikuti

Pengirim aplikasi dapat menjawab isu-isu perubahan iklim dan keberlanjutan berikut ini:
  • Pengurangan dan efisiensi limbah
  • Transportasi dan perjalanan
  • Efisiensi energi dan efisiensi air
  • Desain Keberlanjutan
Aplikasi yang diterima dapat dalam bentuk produk, desain, inovasi, prototipe, system, konsep bisnis, project, teknologi, materi alternatif yang digunakan pada sebuah industri, kegiatan atau proses yang mengarah pada pengembangan komunitas melalui desain atau advokasi yang berkelanjutan.
Kesempatan E-idea ini dibuka Senin 2 Mei dan ditutup Minggu 3 Juli 2011. Aplikasi diajukan menggunakan formulir aplikasi yang ada pada situs internet ini. Apabila Anda butuh bantuan untuk melengkapi permohonan ini, atau Anda memiliki pertanyaan terkait E-idea, silakan kirim email ke:climate.generations@britishcouncil.or.id

Bagaimana prosesnya

Kompetisi E-idea 2011 dirancang untuk memberikan insentif, dana awal, pelatihan dan dukungan kepada para inovator berwawasan lingkungan hidup untuk mengembangkan proyek-proyek perubahan iklim dan keberlanjutan yang melibatkan sejumlah besar individu dan memiliki dampak positif pada komunitas.
Ada enam penghargaan yang tersedia:
Ada dua tipe penghargaan:
  • Maksimal @GBP 3,000 untuk penghargaan proyek pemula (start-ups) (untuk masing-masing pemenang di semua kategori)
  • Maksimal @GBP 4,000 untuk penghargaan proyek lanjutan (step-ups) (untuk masing-masing pemenang di semua kategori)
Sebagai tambahan:
  • Semua penerima penghargaan mendapatkan kesempatan mengikuti mentoring proyek terkait bisnis dan keberlanjutan dari LRQA dan/atau mitra-mitranya serta dari British Council.
  • Para penerima penghargaan akan mengikuti sesi pelatihan dan pengembangan jaringan di Indonesia pada bulan September 2011 bersama para pemenang E-idea dari Negara-negara lain di tingkat regional.
  • Para penerima penghargaan akan diundang untuk bergabung pada jaringan E-idea pengusaha-pemerhati lingkungan hidup dan inovator British Council dan LRQA untuk mengakses lebih jauh kesempatan pengembangan profesi bersama para pakar dari Inggris dan dunia internasional.
Diharapkan bahwa proyek ini dilaksanakan melalui konsultasi dengan British Council. Pelaksanaan bersama dari proyek ini mensyaratkan rapat berkala, pelaporan dan keterlibatan staf British Council dan LRQA dalam proyek sepanjang tahap pengembangan dan implementasi proyek.

British Council & LRQA

E-idea merupakan kemitraan yang unik antara British Council dan Lloyd’s Register Quality Assurance [LRQA] dimana kedua organisasi bersama-sama mempromosikan dan mengelola E-idea. LRQA telah menunjukkan komitmen dengan memberikan kontribusi finansial yang berarti di ketujuh Negara yang terlibat.
“Ini merupakan kesempatan besar bagi LRQA sebagai perusahaan yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan kontribusi yang proaktif, kreatif dan dinamis terhadap perubahan iklim,” kata Simon Batters, LRQA Direktur Proyek untuk Kompetisi E-idea. “Dalam … mendukung para pemimpin muda dari sektor lingkungan hidup, kami menanamkan investasi untuk masa depan, melakukan hal-hal yang nyata untuk lingkungan hidup. Dengan melakukan hal ini, kami mendukung inovasi untuk mitigasi dampak perubahan iklim melalui penanaman modal finansial yang nyata, dan menerapkan keahlian kami di bidang perubahan iklim dengan cara yang proaktif dan kreatif.”
Huw Oliphant, Manajer Proyek British Council untuk E-idea, menjelaskan “Jejaring dan kemitraan British Council yang ada di Inggris dan tingkat internasioal memberikan akses pada para pakar yang memberikan masukan dan dukungan pada proyek E-idea. Kami juga memiliki rekam jejak yang teruji dalam bekerjasama dengan para kaum muda di berbagai negara dan budaya, sehingga kami berada pada posisi yang tepat untuk melibatkan dan memberdayakan anak muda yang memiliki komitmen untuk mencari solusi-solusi berkelanjutan untuk perubahan iklim.”
LRQA: LRQA adalah anggota dari Lloyd’s Register Group. LRQA merupakan penyedia Asuransi Bisnis yang independen yang mencakup jasa sertifikasi, validasi, verifikasi dan pelatihan. LRQA meningkatkan keamanan atas jiwa, harta benda dan lingkungan hidup dengan membantu klien-kliennya untuk memastikan keamanan dari konstruksi dan operasi infrastruktur penting. Perusahaan ini memiliki organ-organ badan amal dan non-amal yang mendukung tercapainya tujuan utama dalam bidang amal.
British Council: The British Council adalah organisasi internasional Inggris untuk kesempatan pendidikan dan hubungan kebudayaan. Kami bekerja di lebih dari 100 negara di seluruh dunia untuk mengembangkan kesempatan dan rasa saling percaya dengan Inggris melalui pertukaran pengetahuan dan gagasan antara masyarakat. Kami bergerak di bidang Budaya, Pengajaran Bahasa Inggris dan Kemasyarakatan, termasuk sains dan olah raga – dan dalam proses tersebut memberikan rasa aman dan kesejahteraan pada Inggris dan Negara-negara tempat kami bekerja.
Supported by:
  • BRITISH COUNCIL
  • LRQA

1 komentar:

  1. punya daftar pemenang tahun lalu??
    http://www.watchyourshirt.com

    BalasHapus