Halaman

Selasa, 27 September 2011

Bizcamp Challenge Prasetiya Mulya Business School


BIZCAMP Challenge: Prasetiya Mulya for Indonesia Future Business Leaders merupakan suatu kegiatan kompetisi antar lulusan program S1 fresh graduate dan mahasiswa S1 tingkat akhir dari beberapa universitas ternama di Indonesia. Tujuannya adalah untuk mencari talenta baru calon pemimpin bisnis Indonesia masa depan yang memiliki karakter kuat. Pada kegiatan BIZCAMP ini, peserta akan diberikan tantangan merancang proposal bisnis yang inovatif serta proyek kegiatan sosial dan lingkungan. Prasetiya Mulya Business School akan memberikan pembekalan pengetahuan bisnis dan pelatihan keterampilan dengan melibatkan para professional bisnis untuk sesi sharing, guest lecture dan coaching. Diharapkan peserta memahami bahwa sebagai calon pemimpin bisnis masa depan, tidak hanya aspek keuntungan bisnis saja yang menjadi fokus, namun juga berpikir tentang aspek lingkungan dan dampak positif terhadap kehidupan masyarakat.

Tujuan diadakannya program BIZCAMP:
BIZCAMP Challenge bertujuan untuk mencari talenta baru pemimpin bisnis masa depan yang memiliki karakter sebagai berikut:
  • Memiliki jiwa dan sikap sebagai pemimpin (leadership), terutama sebagai pemimpin yang visioner (mempunyai visi jelas ke depan).
  • Memiliki kemampuan problem solving, yaitu mampu melakukan identifikasi dan memahami masalah yang sedang dihadapi, menghasilkan beberapa solusi alternatif, dan kemudian mengimplementasikan secara efektif untuk memecahkan permasalahan.
  • 'Berpikir secara Stratejik' (Strategic Thinking), mampu menemukan dan mengembangkan suatu peluang yang unik untuk menciptakan suatu nilai melalui kemampuan dialog yang bersifat provokatif dan kreatif di antara orang-orang yang ada di dalam organisasi yang mampu mempengaruhi terhadap arah organisasi.
  • 'Berpikir secara Terintegrasi' (Integrative Thinking), mampu menghadapi tekanan gagasan yang bertentangan secara konstruktif, menghasilkan resolusi yang kreatif dalam bentuk gagasan baru yang berisi elemen dari gagasan yang bertentangan ketimbang memilih salah satu dan mengorbankan yang lain.
  • Mampu memiliki pandangan tidak hanya dari satu aspek namun terdiri dari beberapa aspek yang sifatnya multi dan integratif (multi perspective thinking).
  • Memberi wadah bagi generasi muda untuk menuangkan dan memvisualisasikan pemikiran dan kreativitasnya dalam bentuk ide proposal bisnis yang inovatif.
Bentuk kegiatan program BIZCAMP:
  • Seleksi untuk mendapatkan 30 finalis terdiri atas rangkaian seleksi administratif dan tes potensi akademik, psikotes, diskusi kelompok, games, pembuatan proposal karya tulis dan presentasi serta wawancara. Seluruh proses menggunakan sistem gugur.
  • 30 finalis terpilih akan mengikuti proses karantina dan kompetisi BIZCAMP.
  • Pemenang akan mendapatkan kesempatan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di program MM Prasetiya Mulya.
Syarat Kandidat Bizcamp
Persyaratan untuk mengikuti kompetisi BIZCAMP adalah:
  • Peserta adalah mahasiswa S1 sederajat (minimal semester 7 atau maksimal 2 tahun kelulusan).
  • Belum pernah dan/atau tidak sedang menjalani pendidikan S2.
  • Memiliki minat terhadap bidang bisnis, ekonomi, marketing atau akuntansi.
  • Memiliki prestasi yang baik di universitas.
  • Aktif dalam kegiatan organisasi, ekstra kurikuler dan kepanitiaan di sekolah maupun di luar sekolah.
  • Memiliki prestasi atau bakat lain diluar kemampuan akademis.
  • Lulus seluruh proses seleksi.
  • Bersedia mengikuti proses produksi sesuai waktu yang ditetapkan.
Program/Aktifitas Bizcamp
Jadual
Waktu persiapan acara mulai dari awal sampai akhir kegiatan ini akan disusun dalam skema sebagai berikut:
  • Pre-event
1.     Roadshow ke lima kota besar yang ada di Pulau Jawa
Kota-kota yang akan dikunjungi adalah:
a.     Bandung : 8-9 September 2011
b.     Semarang : 13 September 2011
c.     Surabaya : 21-23 September 2011
d.     JABODETABEK area: 27-28 September 2011
2.     Pendaftaran Online
Untuk pendaftaran, selain dilakukan saat kunjungan kampus, juga dilakukan secara online dengan cara mengakses websitehttp://www.pmbs.ac.id/bizcamp dan akan ditutup pada 2 Oktober 2011 pukul 23.00 WIB.
3.     Tahap I Seleksi Test (Tes Tertulis)
Tes tahap seleksi I (jabodetabek area) akan diadakan di kampus PMB Cilandak, Jakarta, pada Sabtu, 08 Oktober 2011. Untuk Tahap ini, calon peserta yang tinggal di luar Jakarta dan memenuhi persyaratan kualifikasi (minimal 30 peserta) maka akan ada kemungkinan bahwa tes akan diselenggarakan di daerah tersebut. Jadwal tes adalah antara 15-22 Oktober 2011.
4.     Tahap II Seleksi Test (Group discusion + Wawancara)
Tahap II Seleksi (daerah jabodetabek) akan diselenggarakan pada Senin, Oktober 10, 2011 di kampus PMB Cilandak, Jakarta Selatan. para calon peserta yang tinggal di luar Jakarta dan lulus tes tahap I, tahap II tes akan diselenggarakan di daerah tersebut. Jadwal tes adalah antara 15-22 Oktober 2011.
5.     Pengumuman 30 peserta yang diterima untuk bergabung BIZCAMP: 5 November 2011.
  • Event
BIZCAMP ini akan diselenggarakan selama lima hari, November 14-18, 2011 di kampus PMBS Cilandak, Jakarta Selatan.
Aktivitas
Kegiatan BIZCAMP dirancang dalam bentuk konsep "Mini MM Learning Program" dan dikemas dengan metode:
  • Kunjungan ke Perusahaan-perusahaan.
  • Market Research.
  • Pelatihan tentang pengetahuan dasar bisnis/manajemen dan fungsi-fungsi manajemen (Pemasaran, Operasional, Sumber Daya Manusia, Keuangan), pengetahuan tentang lingkungan dan teknologi, social venture, manajemen stratejik. Selain itu akan diberikan pelatihan dalam hal teknik presentasi, kepemimpinan & kerja sama tim.
  • Dinamika kelompok yang dikemas dalam permainan, antara lain "BizRace" dan Talent Show.
  • Pembuatan Proposal Bisnis dan presentasi di depan praktisi perwakilan perusahaan dan pengajar Prasetiya Mulya Business School.

Sekretariat BIZCAMP
Prasetiya Mulya Business School (Kampus Cilandak)
Jl. R.A. Kartini, Cilandak Barat
Jakarta Selatan 12430
Telp.: (021) 751 1126, (021) 765 7257, (021) 750 0463 ext. 1006, 1119
Fax.: (021) 751 1128, (021) 750 0462
Email: bizcamp@pmbs.ac.id (Subject: Bizcamp Competition)

Contact Person:
Sdr. Christian (ext.: 1007)
Sdri. Eva (ext.: 1006)
Sdr. Doni (ext.: 1004)
Sdri. Rini (ext.: 1005)
More info : http://www.pmbs.ac.id/bizcamp/

Nb. untuk yang belum lulus dapat mengisi kolom tersebut dengan tahun sekarang dan untuk semester dapat diisi di kolom jurusan contoh: teknik geologi/semester7

Sabtu, 17 September 2011

Beasiswa PT.Thiess Contractors Indonesia (TCI)


PROGRAM UNDERGRADUATE
PT Thiess Contractors Indonesia (TCI) adalah sebuah perusahaan multinasional yang menyediakan jasa terpadu di bidang pertambangan, konstruksi sipil, minyak & gas serta telekomunikasi di berbagai daerah di Indonesia. Perusahaan kami berkomitmen untuk terus mengembangkan kemampuan dan memberikan kesempatan melalui berbagai program, satu diantaranya adalah Program Undergraduate TCI.
Melalui Program Undergraduate TCI, perusahaan kami membuka kesempatan bagi Mahasiswa Indonesia yang berprestasi untuk memperoleh beasiswa dan membangun karir profesional sebagai karyawan tetap.
Kualifikasi Umum:
  1. Secara aktif terdaftar sebagai mahasiswa S1 yang akan memasuki semester 6 di tahun 2012 dari departemen dibawah:
  • Akuntansi
  • Hukum
  • Kesehatan dan Keselamatan Kerja
  • Keuangan
  • Manajemen
  • Psikologi
  • Teknik Elektro
  • Teknik Geodesi
  • Teknik Geologi
  • Teknik Industri
  • Teknik Informatika
  • Teknik Lingkungan
  • Teknik Mesin
  • Teknik Sipil
  • Teknik Tambang
  1. Minimal IPK 2.75 dari 4.00
  2. Tidak sedang menerima beasiswa dari institusi atau organisasi lain setelah terpilih sebagai TCI Undergraduate
  3. Bersedia untuk menandatangani Perjanjian Ikatan Dinas bersama PT Thiess Contractors Indonesia dengan masa kerja minimal T = N + 1*)
*)  T    = Jangka Waktu Ikatan Dinas dalam tahun
N   = Lama Masa Pendidikan yang Dibiayai TCI dalam bulan
1    = 1 tahun

Syarat Pendaftaran:
Mengisi Formulir Aplikasi Undergraduate (tersedia di bagian kemahasiswaan atau download di sini) dan melampirkan dokumen – dokumen berikut:
  1. Foto 4X6 terbaru direkatkan diatas formulir
  2. Curriculum Vitae
  3. Salinan Transkrip Akademis terakhir yang telah dilegalisasi
  4. Bukti pembayaran uang kuliah terakhir
  5. Surat yang menyatakan bahwa Anda tidak akan menerima beasiswa dari institusi atau organisasi lain setelah terpilih sebagai TCI Undergraduate (bermaterai)
  6. Surat yang menyatakan bahwa Anda bersedia untuk mengikuti program orientasi selama liburan akhir semester setelah terpilih sebagai TCI Undergraduate (bermaterai)
  7. Tiga esai dalam bahasa Inggris dengan minimal 500 kata per esai dan dicetak diatas kertas A4, menggunakan Times New Roman ukuran 10. Ketiga topik tersebut adalah:
    1. Mengapa dulu Anda memilih program studi Anda?
    2. Apa mata kuliah favorit Anda yang relevan denganTCI dan bagaimana Anda dapat menerapkannya di TCI?
    3. Mengapa Anda pantas untuk menerima beasiswa dari TCI?
  8. Sertifikat SKCK dari polisi (jika Anda tidak memilikinya saat menyerahkan dokumen, mohon agar dibawa saat sesi wawancara)

Aplikasi dan dokumen – dokumen pendukung dapat diserahkan paling lambat hari Rabu, 30 November 2011 melalui:
  • Email: graduateprogram@thiess.co.id
  • Pos ke:
Theresia Agustina
      Training and Development Department
      PT Thiess Contractors Indonesia
Gedung Ratu Prabu 2
Jl. TB. Simatupang Kav. 1B
Jakarta 12560
Indonesia

Kandidat yang berhasil akan diundang untuk mengikuti proses seleksi pada bulan Januari 2012 dan beasiswa akan diberikan pada semester 7.
Untuk informasi lebih lanjut tentang Program Undergraduate TCI, silahkan hubungi Theresia di 021 27547379 atau email graduateprogram@thiess.co.id
Silahkan kunjungi website kami di www.thiess.co.id untuk informasi lebih lanjut tentang TCI.


Apa yang Kami Tawarkan?
Siswa yang lulus proses seleksi akan menerima:
Beasiswa untuk maksimum 2 semester sebesar Rp 6.000.000 per semester
Kesempatan untuk bergabung dengan Program Pengembangan Pascasarjana diPT Thiess Contractors Indonesia setelah lulus dari universitas
Setelah Anda bergabung dengan PT Thiess Indonesia sebagai Pascasarjana, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program-programpembangunan lainnya yang tersedia *):
Pengembangan Manajemen Program
Penugasan / tugas sementara untuk Thiess Australia
Kesempatan studi (studi jarak) eksternal, misalnya:
Manajemen Pemeliharaan dari Central Queensland University
Manajemen Rantai Pasokan dari University of Southern Queensland
Bantuan pendidikan untuk mengejar tingkat pendidikan yang lebih tinggi
*) Berdasarkan kebutuhan pembangunan

informasi lebih lanjut di sini http://thiess.co.id/gdp/undergraduate.html

Sabtu, 10 September 2011

Forum Indonesia Muda 11


Setelah sukses menyelenggarakan Leadership Lifekskill Training FIM untuk sepuluh angkatan. Tahun ini FIM kembali mengadakan pelatihan untuk angkatan ke-11. Pelatihan kali ini istimewa, selain karena pelatihan ini diadakan bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, FIM 11 juga akan menggunakan konsep pelatihan baru yang lain dari pelatihan-pelatihan FIM sebelumnya.
Tujuan
Tujuan pelaksanaan Leadership Lifeskill Training FIM 11 ialah sebagai berikut:
  1. Membangun dan menguatkan karakter kebangsaan
  2. Menghasilkan lulusan pelatihan yang memahami secara komprehensif tentang kepemimpinan pemuda
  3. Menghasilkan lulusan pelatihan yang memiliki kompetensi sebagai pemimpin yang mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat di sekitarnya
Peserta
Pelatihan ini ditujukan bagi pemuda dan atau mahasiswa seluruh Indonesia yang memiliki minat untuk mengembangkan kapasitas dirinya. Peserta akan diseleksi mengikuti prosedur yang ada untuk memenuhi kapasitas peserta FIM 11 sebanyak 120 orang. Kemudian peserta akan dikelompokkan ke dalam cluster, yaitu kelompok kecil dengan isu-isu yang ditetapkan panitia untuk pengembangan sesuai dengan minat dan aktivitas peserta.
Pelatihan Leadership Lifeskill Training FIM 11 terbuka bagi seluruh mahasiswa dan pemuda di Indonesia. Untuk pendaftaran, silakan baca persyaratan dan prosedur pendaftaran berikut.
Ketentuan Peserta
Untuk menjadi peserta pelatihan ini, pendaftar harus memenuhi kriteria sebagai berikut:
  1. Warga negara Indonesia
  2. Mampu menghadiri seluruh sesi pelatihan FIM dari awal sampai akhir sesuai jadwal yang ditetapkan
  3. Peduli terhadap lingkungan sekitar dan aktif melakukan perubahan melalui berbagai kegiatan dan komunitas/organisasi
Prosedur Pendaftaran
  1. Mengisi formulir pendaftaran secara online. Formulir pendaftaran dapat dilihat di bagian bawah halaman ini.
  2. Menyertakan surat rekomendasi dari organisasi yang sudah atau pernah diikuti. Latar belakang organisasi tidak dibatasi, dapat berupa organisasi mahasiswa, LSM, karang taruna, dsb. Surat rekomendasi dapat dikirimkan terpisah (tidak bersamaan) dengan pengiriman formulir pendaftaran.
  3. Mengirimkan foto profil terbaru. Pengiriman foto dapat dilakukan terpisah (tidak bersamaan) dengan pengiriman formulir pendaftaran.
Batas pengiriman seluruh berkas pendaftaran adalah 30 September 2011.
Formulir Pendaftaran
Isi formulir pendaftaran melalui formulir di tautan ini. Pastikan Anda punya waktu luang sekitar 30 menit untuk mengisi form. Tips: Untuk daerah dengan koneksi Internet terbatas atau tidak stabil, sebaiknya simpan form dalam file lokal dan buat draft jawaban di sebuah file teks secara offline. Buka kembali form online dan copy-paste jawaban ke tiap field yang sesuai baru kemudian dikirimkan.
Pengiriman surat rekomendasi
Kirimkan hasil scan dari surat rekomendasi Anda melalui tautan ini. Gunakan aturan penamaan file sebagai berikut: Rekomendasi-[nama lengkap]. Contoh: Rekomendasi-Ivan Ahda.pdf / Rekomendasi-Ivan Ahda.jpg.
Pengiriman foto profil
Kirimkan foto profil Anda melalui tautan ini. Gunakan aturan penamaan file sebagai berikut: Foto-[nama lengkap]. Contoh: Foto-Ivan Ahda.jpg

Metode pembelajaran
Pelatihan dirancang dengan menggunakan pendekatan pendidikan untuk orang dewasa (andragogy) dan mengedepankan proses experiential learning. Peserta diharapkan dapat proaktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran yang mencakup:
  • Pengajaran Interaktif
  • Diskusi kelas dan Dinamika kelompok, Field Action
  • Unjuk ekspresi seni dan Outbound
Tempat
Pelatihan akan dilaksanakan di Taman Wiladatika, Cibubur, Jakarta.
Biaya pelatihan
Peserta tidak akan dikenakan biaya apapun selama pelatihan. Peserta hanya akan menanggung biaya transportasi masing-masing untuk menuju lokasi pelatihan.
Timeline
Registrasi: 10 – 30 September 2011
Seleksi: 1 – 9 Oktober 2011
Pengumuman peserta terpilih: 10 Oktober 2011
Pelatihan: 20 – 28 Oktober 2011
Contact person
Ivan Ahda (+62 856 864 8641)